Manfaat Jintan Hitam

Jintan hitam ( The Black Seed ) memang sudah sejak lama digunakan. Awalnya jintan hitam digunakan oleh beberapa orang-orang Parsi dalam membuat masakan dan meramu obat-obatan. Jintan hitam yang berasal dari kawasan dataran Mediterania, dan kini juga sudah banyak dibudidayakan di beberapa negara seperti Afrika Utara, sebagian negara Asia termasuk Indonesia, negara Eropa dan Amerika. Bagian tanaman dari Nigella sativa yang digunakan adalah Biji Nigella Sativa yang kemudian banyak orang menyebutnya dengan Habbatussauda. Pada zaman mesir kuno dahulu, biji jintan hitam ini ditemukan pada makam Tuthankamen yakni makan Raja Fir’aun, biji jintan hitam ini kemudian juga digunakan oleh Ratu Chleopatra untuk menjaga kesehatan serta kecantikannya.

Jintan hitam atau Nigella sativa juga telah banyak digunakan oleh para Ahli bidang pengobatan pada jaman Yunani kuno untuk menyembuhkan atau sekedar mengobati Sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat, mengatasi parasit usus seperti cacingan, anemia dan penyakit lainnya.

Dahulu pada jaman Yunani kuno, ada salah satu seorang Ahli pengobatan Islam yang sangat terkenal dan bahkan namanya masuk ke dalam beberapa karya tulis atau buku ilmiah lainnya karena Beliau seorang yang jenius dalam bidang kesehatan dan pengobatan, Dia adalah Ibnu Sina.

Kemudian beliau juga menyebutkan dalam bukunya bahwa jintan hitam dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan semangat. Di barat ada penelitian yang mengemukakan bahwa ekstrak dari biji jintan hitam dapat digunakan sebagai Toksik untuk mencegah sel kanker. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian percobaan pada tikus, dengan memberikan ekstrak biji jintan hitam dalam inkubator yang tidak dapat menghasilkan faktor pertumbuhan (Fibroblast Growth Factor) dan protein berkolagen yang diperlukan untuk pertumbuhan tumor.

Namun ada juga yang menyebutkan manfaat lainnya dari biji jintan hitam ini ketika dilakukan suatu penelitian, bahwa Habbatussauda (the black seed) dapat bekerja efektif sebagai anti kanker dan anti jamur. Bahkan immunobologi dan ahli pengobatan kanker menyatakan bahwa Habbatussauda dapat merangsang sum-sum tulang dan meningkatkan sel-sel pada tiap jaringan sebagai alat untuk kekebalan tubuh serta meningkatkan produksi interferon serta melindungi sel-sel normal terhadap efek negatif dari virus yang dapat merusak sel, selain itu juga dapat menghancurkan sel-sel penyebab timbulnya tumor.

 

 

 

 

 

 

Dengan penjelasan secara luas mengenai manfaat Jintan hitam, diantaranya adalah :

1. Memberikan perlindungan terhadap sistem kekebalan tubuh

Jintan hitam sangat baik untuk meningkatkan jumlah sel-sel yang baik bagi tubuh untuk membunuh sel-sel jahat yang tidak berguna dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh terhadap gangguan kesehatan dan tubuh pun tercipta. Jintan hitam bermanfaat sebagai pelindung untuk meningkatkan imunitas tubuh yang bekerja efektif sampai dengan 72 % lebih besar dibanding dengan Plasebo yang hanya memiliki tingkat efektivitas sebanyak 7 %. Alhasil dengan mengkonsumsi habbatussauda dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh terutama untuk mencegah penyebaran virus mematikan seperti Kanker dan Aids.

2. Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Jintan hitam memiliki kandungan senyawa asam linoleat yang merupakan nutrisi yang diperuntukan bagi sel otak dan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kecerdasan serta dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak.

3. Meningkatkan aktivitas hormon dalam tubuh

Jintan hitam yang mengandung streol bermanfaat sebagai sintesa dan aktivitas hormon dalam tubuh. Agar tubuh secara optimal menghasilkan hormon yang baik dari setiap bagian dan fungsi tubuh.

4. Menetralisir racun yang ada di dalam tubuh

Senyawa saponin yang terkandung dalam jintan hitam bermanfaat untuk menetralisir dan menghilangkan racun tak berguna dalam tubuh. Racun yang terdapat dalam tubuh dapat mengganggu dan merusak fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, paru-paru dan otak. Kemudian tubuh akan mengalami keracunan yang dapat bersumber dari beberapa jenis makanan tertentu dan mengakibatkan diare, kepala pusing, gangguan pernapasan, perut mual dan gangguan kesehatan lainnya.

5. Mengatasi rasa stress dan gangguan psikologis lainnya

Saponin selain bermanfaat sebagai pengusir racun dalam tubuh. Saponin juga memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh lainnya seperti ginjal, jantung, syaraf serta otot atau persendian tubuh. Saponin juga sangat bermanfaat karena memiliki efek menenangkan dan membantu mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, suasana hati dan dapat menghilangkan stress.

6. Membantu melancarkan saluran pencernaan dan anti bakteri

Minyak astsiri dan volatile yang terdapat pada jintan hitam diketahui dapat berfungsi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Namun umumnya minyak astsiri digunakan untuk mengobati diare. Karena menurut penelitian minyak astsiri lebih efektif dalam membunuh bakteri E coli dan Colera dibanding antibiotik lainnya.

7. Memperbanyak produksi ASI (Air Susu Ibu)

Jintan hitam yang tidak banyak mengandung lemak tidak jenuh serta struktur hormonal yang terdapat pada jintan hitam dapat membantu memperbanyak produksi ASI (air susu ibu)

8. Sebagai anti tumor

Jintan hitam yang berguna untuk merangsang sumsum tulang dan sel-sel daya tahan tubuh, membentengi tubuh dari serangan penyakit yang kronis atau mematikan seperti tumor yang kemudian berkembang menjadi kanker. Jintan hitam mampu menekan dan menghancurkan sel-sel mati dalam organ tubuh penyebab gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan adanya inferon yang mampu melahirkan sel-sel baru dan normal penghancur sel-sel tumor serta dapat meningkatkan Antibodi.

9. Menyembuhkan Berbagai Penyakit Pernafasan

Habbatussauda dapat menyembuhkan asma brocnhial, bronchitis, tubuh yang mudah lemas, batuk rejan, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan pernapasan.

10. Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Gairah Sex

Jintan hitam ternyata memiliki khasiat yang sangat bermanfaat dan luar biasa khususnya bagi pria. Jintan hitam ternyata mampu meningkatkan kesuburan pria. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Mukhollad A Muhammad, seorang peneliti yang berasal dari Universitas Yordania, Fakultas Kedokteran.

Selain itu, habbatussauda juga dapat membantu menurunkan berat badan secara alami dan tanpa efek samping, karena jintan hitam bekerja membantu menghambat penyerapan lemak dan kemudian lemak dibakar menjadi sumber energi bagi tubuh. Jintan hitam juga dapat dijadikan obat anti kanker, mengatasi Diabetes mellitus, mencegah timbulnya kolesterol penyebab kenaikan berat badan dan lainnya.

11. Sebagai nutrisi tambahan bagi Ibu hamil dan balita

Ketika anak-anak memasuki pertumbuhan, tentunya para orang tua menghadirkan dengan melengkapi kebutuhan nutrisi dan energi setiap harinya bagi buah hati. Diketahui bahwa jintan hitam dapat dijadikan nutrisi pelengkap bagi buah hati Anda agar terhindar dari serangan penyakit flu/pilek serta meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi anak. Jintan hitam tak hanya dapat dkonsumsi dan dirasakan manfaatnya untuk anak-anak saja. Namun bagi Anda seorang ibu yang sedang mengandung, mengkonsumsi habbatussauda yang berasal dari biji jintan hitam juga dianjurkan untuk mengkonsumsi habbatussauda atau jintan hitam yang sangat baik bagi nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak pada janin dan memberi kekuatan bagi sang ibu dalam masa kehamilan serta mencegah janin dari cacat otak dan fisik. Hal ini dibuktikan adanya kandungan Omega 3, omega 6 dan omega 9 yang terkandung dalam biji jintan hitam.

12. Nutrisi bagi lansia dan food suplement

Para orang tua yng sudah lanjut usia, tentunya ingin tampil awet muda setidaknya tetap tampil sehat di usia yang semakin matang. Habbtussauda yang berasal dari biji jintan hitam ini mampu memberikan nutrisi tambahan yang sangat penting bagi fungsi organ tubuh dan jaringan otak bagi lansia.

Guna mempertahankan memori yang sudah ada agar tidak hilang dimakan usia, mencegah kepikunan, membuat awet muda dan tubuh tetap sehat, serta memberi nutrisi bagi imunitas tubuh atau kekebalan tubuh, mencegah penurunan fungsi kerja organ tubuh, mencegah penuaan dini, dan mencegah dari gejala-gejala osteoporosis. Hal ini didukung karena adanya kandungan 15 macam asam amino sebagai penyusun isi protein yang didalamnya terdapat 9 asam amino essensial. Namun asam amino tidak hanya diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, asam amino juga didapat dari berbagai sumber atau jenis makanan yang mengandung asam amino secara optimal.


=====================================

>>> Jual Habbatussauda Cap Kurma Ajwa ( Nigella Sativa ) Terdaftar Resmi di BPOM dan Paling Laris!
=====================================

This entry was posted in Jintan Hitam, Nigella sativa atau jintan hitam and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>